Saturday, July 31, 2021

Makanan merupakan sumber nutrisi dan gizi utama bagi si Kecil. Pada umumnya, anak sudah mendapatkan makanan pada di usia yang menginjak 6 bulan. Akan tetapi proses pemberian makanan pada si Kecil tidak selalu berjalan sesuai keinginan. Beberapa anak terkadang memiliki alergi pada makanan tertentu yang memunculkan reaksi alergi. Hal ini harus segera diatasi karena dapat memengaruhi proses tumbuh kembang anak. Berikut penjelasan serta cara menyembuhkan alergi makanan pada anak:

Identifikasi Alergi Makanan Pada Si Kecil

Orang tua pada umumnya tidak bisa langsung mengetahui apa makanan yang menyebabkan alergi pada anak. Oleh sebab itu, hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengetahui makanan yang menimbulkan reaksi alergi. 

Cara paling mudah agar mengetahui makanan penyebab alergi adalah dengan berkonsultasi ke dokter. Mereka memiliki teknik tersendiri untuk mengetahui apa makanan yang menyebabkan alergi pada anak. 

Sebelum mengetahui penyebab alergi, usahakan untuk tidak memberikan beberapa jenis makanan secara bersama. Pasalnya hal tersebut bisa membuat Anda lebih sulit mengetahui makanan yang menyebabkan alergi. Berikan satu jenis makanan saja, lalu tunggu 3-5 hari sebelum menambahkan makanan baru.

Makanan yang Bisa Menyebabkan Alergi

Setiap anak memiliki sistem imun yang berbeda-beda untuk menahan jenis makanan tertentu. Namun pada umumnya, ada beberapa jenis makanan yang sering menyebabkan alergi pada balita yaitu susu, telur, ikan, kerang, kedelai, gandum, dan kacang-kacangan.

Anak yang tidak memiliki alergi terhadap makanan-makanan tersebut merasa biasa saja setelah memakannya. Namun anak yang memiliki alergi terhadap makanan-makanan tersebut bisa mengalami reaksi alergi tertentu.

Gejala yang Timbul

Meskipun sama-sama mengalami reaksi alergi pada makanan, namun gejala yang timbul pada setiap anak bisa berbeda-beda. Hal tersebut berhubungan dengan sistem imun anak. Gejala atau reaksi yang muncul bisa langsung terjadi dalam beberapa menit setelah makan atau bisa juga dalam beberapa jam. 

Meskipun berbeda-beda, namun pada umumnya gejala yang timbul akibat alergi makanan yaitu kulit memerah, terdapat ruam, gatal-gatal, muntah, diare, pembengkakan di wajah, sesak napas, hingga hilang kesadaran. Jika sistem imun anak cukup baik, maka reaksi atau gejala yang didapatkan juga lebih ringan.

Cara Menyembuhkan

Sebenarnya tidak ada cara menyembuhkan alergi hingga hilang sepenuhnya. Namun Anda bisa mengatasi dengan beberapa cara berikut:

Menghindari makanan penyebab alergi

Karena tidak bisa dihilangkan atau disembuhkan, Anda harus mencoba mengurangi frekuensi kambuh dan beratnya keluhan saat kambuh. Caranya yaitu dengan menghindari makanan penyebab alergi. Karena hal tersebut, sangat penting mengetahui apa makanan yang menyebabkan alergi pada anak. Setelah itu jangan pernah menyiapkan makanan yang membuat si Kecil alergi.

Menggunakan obat dari dokter

Jika reaksi alergi tidak kunjung reda meskipun sudah menghindari makanan penyebab alergi, Anda boleh menggunakan krim atau obat alergi. Namun jangan sembarangan saat memilihnya. Pastikan krim atau obat yang Anda gunakan sudah sesuai dengan anjuran dokter.

Itulah penjelasan mengenai cara menyembuhkan alergi makanan pada anak yang bisa Anda ikuti. Apakah Anda profesional di bidang kesehatan? Jika iya, cobalah bergabung dengan Nutricia Professional. Anda bisa mendapatkan ilmu dan pengetahuan baru seputar kesehatan anak, pediatri, dan nutrisi. Platform ini memang dibangun untuk para profesional yang ingin berkembang sehingga banyak fitur yang disediakan.

Beberapa fitur dari Nutricia Professional adalah Web Seminar yang bisa dilakukan dari mana saja, E-Module yang bisa diakses secara online, Expert’s Podcast, dan Event Calendar. Sebelum menikmati fiturnya, Anda harus mendaftar sebagai profesional terlebih dahulu. Cara pendaftaran untuk menjadi bagian dari Nutricia Professional bisa Anda lihat di nutriciaprofessional.id.

0 comments :

Post a Comment