Monday, March 22, 2021

Saat ini kita telah berada di era digital di mana banyak hal bisa dilakukan dengan mudah melalui internet. Namun meningkatnya teknologi dan digital juga seiring dengan meningkatnya serangan siber atau cyber attack di dunia maya. Tindakan yang menyalahi hukum ini bisa mengganggu integritas, kerahasiaan, serta ketersediaan informasi. Perusahaan membutuhkan peran cyber security Indonesia untuk bisa terlindung dari dampak serangan siber yang sangat merugikan.

Anda yang tertarik dengan dunia cyber security perlu mengetahui apa saja tugas praktisinya sehingga sangat dibutuhkan oleh perusahaan, terutama di era digital ini. Selain tugas, Anda juga perlu mengetahui elemen pokok dalam cyber security. Sudah penasaran? Berikut pembahasan selengkapnya:

cyber security indonesia

Elemen-elemen Pokok

Fokus utama dari cyber security adalah menjaga jaringan dan sistem dari serangan yang membahayakan. Namun selain itu, ada beberapa elemen pokok lainnya yang harus Anda ketahui yaitu:

Dokumen security policy adalah dokumen untuk acuan melakukan berbagai macam proses terkait keamanan informasi.

Perimeter defense adalah media yang memiliki peran penting pada infrastruktur informasi seperti IPS, IDS, dan firewall.

Information infrastructure adalah software dan hardware yang berperan penting dalam kelangsungan operasi informasi seperti sistem operasi, database, router, switch, website, dan server.

System information and event adalah media yang digunakan untuk melakukan monitoring pada keadaan di jaringan seperti kejadian yang berhubungan dengan insiden keamanan.

Network monitoring system adalah media yang digunakan untuk melakukan monitoring pada utilitas, kelayakan, serta performance infrastruktur informasi.

Network security assessment adalah elemen yang memiliki peran untuk memberikan measurement level pada sistem keamanan informasi. Selain itu, elemen ini juga berperan dalam mekanisme kontrol.

Human resource serta security awareness adalah sumber daya manusia dan juga awareness dalam sistem keamanan informasi.


Tugas Cyber Security

Cyber security Indonesia sangat dibutuhkan perusahaan karena berbagai perannya untuk melindungi informasi dan data penting dari serangan cyber. Lebih lengkapnya, berikut ini adalah tugas dari cyber security:

Analis keamanan

Analis keamanan memiliki tugas yang tidak jauh berbeda dengan analis pada umumnya. Tugasnya yaitu memetakan potensi ancaman, lalu memberikan masukan untuk mengatasi ancaman tersebut.

Hacker

Hacker atau peretas biasanya identik dengan kejahatan siber. Namun dalam dunia cyber security juga ada hacker yang bekerja sesuai hukum dan tidak merugikan. Tugas hacker adalah untuk mencoba menembus sistem keamanan perusahaan agar bisa dievaluasi dan diperbaiki oleh perancang sistem.

Spesialis forensik

Tugas terakhir dari cyber security adalah spesialis forensik. Sesuai namanya, profesi ini akan menyelidiki pasca potensi kebocoran keamanan sistem yang baru terjadi. Anda yang ingin menjadi spesialis forensik harus mampu mencari dan memetakan jejak yang ditinggalkan pelaku kejahatan siber. Selanjutnya Anda harus melacak dan menemukan pelaku dari jejak yang ditemukan. Jika dilihat tugasnya hampir sama seperti seorang detektif.

IDS, Institusi yang Menghadirkan Program Cyber Security

STMIK Indo Daya Suvana atau yang juga dikenal dengan nama IDS Digital College menghadirkan program Cyber Security untuk Anda yang berminat masuk ke dunia ini. Fokus dari program studi Cyber Security adalah proteksi dunia maya dan teknik pengamanan. Anda nantinya akan belajar mengenai bagaimana cara merancang sistem sekuriti, teknik pertahanan dari serangan siber, pengujian sistem, hingga melakukan peretasan sesuai hukum.

Ada beberapa mata kuliah pilihan yang bisa dipilih oleh mahasiswa seperti Pemrograman Dasar, Cyber Security Analyst, Computer Security Foundation, Secure Web Programming, Network Programming, Cyber Forensic, dan lain sebagainya. Selain kurikulum yang padat dan berisi, IDS juga menghadirkan pengajar yang kompeten di bidangnya. Langsung saja kunjungi website IDS jika Anda tertarik untuk masuk ke dunia cyber security Indonesia. Alamat IDS yaitu ids.ac.id.

0 comments :

Post a Comment