Thursday, March 25, 2021


Setiap orang tua pasti ingin mendukung proses tumbuh kembang anak berjalan dengan maksimal hingga mereka dewasa. Untuk mendukung proses tersebut, Anda perlu memastikan bahwa si Kecil mendapatkan nutrisi anak yang cukup dan seimbang. Kebutuhan nutrisi si Kecil bisa didapatkan melalui asupan makanan bergizi yang Anda berikan setiap hari. Namun Anda mungkin belum mengetahui bagaimana cara mengukur apakah nutrisi yang didapatkan si Kecil sudah tercukupi atau belum. Berikut ini ada beberapa ciri-ciri yang bisa Anda amati untuk memastikan kebutuhan nutrisi si Kecil tercukupi:

Memiliki Tinggi dan Berat Badan yang Ideal

Ciri utama si Kecil mendapatkan nutrisi yang cukup yaitu jika tinggi dan berat badannya ideal. Untuk mengetahui tinggi dan berat badan anak, Anda bisa melakukan pengukuran secara langsung. Kementerian Kesehatan RI atau kemenkes RI mengeluarkan rerata tinggi dan berat badan ideal pada anak. Pastikan si Kecil memiliki tinggi dan berat badan sesuai rerata berikut:


  1. Tinggi badan

Anak 0-6 bulan memiliki tinggi 49,9-67,6 sentimeter, anak 7-11 bulan memiliki tinggi 69,2-74,5 centimeter, anak 1-3 tahun memiliki tinggi 75,7-96,1 sentimeter, anak 4-6 tahun memiliki tinggi 96.7-112 sentimeter, dan anak 7-12 tahun memiliki tinggi 130-145 sentimeter.

  1. Berat badan

Anak 0-6 bulan memiliki berat 3,3-7,9 kilogram, anak 7-11 bulan memiliki berat 8,3-9,4 kilogram, anak 1-3 tahun memiliki berat 9,9-14,3 kilogram, anak 4-6 tahun memiliki berat 14,5-19 kilogram, dan anak 7-12 tahun memiliki berat 27-36 kilogram.

Tidak Mudah Sakit

Ciri si Kecil mendapatkan nutrisi anak yang cukup selanjutnya adalah tidak mudah sakit. Hal ini lantaran si Kecil mendapatkan berbagai macam nutrisi yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh mereka. Jadi tubuh si Kecil akan lebih kebal oleh serangan bakteri maupun infeksi yang bisa menyebabkan penyakit. Sebaliknya anak yang tidak tercukupi kebutuhan nutrisinya mudah terkena penyakit ataupun infeksi bakteri.

Aktif dan Lincah

Aktivitas sehari-hari yang dilakukan si Kecil perlu Anda perhatikan dengan cermat. Apabila si Kecil aktif dan lincah dalam melakukan aktivitasnya maka kebutuhan nutrisinya terpenuhi. Hal tersebut bisa berbeda dengan anak yang kurang nutrisi karena biasanya mereka lebih mudah lemas dan lelah. Apalagi jika anak memiliki berat badan yang lebih banyak maka mereka akan semakin mudah kelelahan.

Memiliki Nafsu Makan yang Baik

Memiliki nafsu makan yang baik ternyata juga menjadi salah satu tanda si Kecil mendapatkan nutrisi yang cukup dan seimbang. Namun tentu saja nafsu makan tersebut tidak boleh berlebihan karena juga tidak baik untuk kesehatan si kecil. Pasalnya anak yang memiliki berat badan berlebih memiliki nafsu makan tinggi yang tidak baik untuk kesehatannya. Jadi pastikan nafsu makan si Kecil baik namun tidak berlebihan.

Memiliki Kualitas Tidur yang Baik

Si Kecil dengan kecukupan nutrisi yang baik juga memiliki kualitas tidur yang baik. Kualitas tidur penting bagi tumbuh kembang si Kecil karena pada kondisi tidur banyak hormon dan sel-sel yang aktif. Sebaliknya pola tidur yang tidak teratur bisa membuat si Kecil sulit berkonsentrasi dan mudah sakit.

Itulah ciri-ciri jika si Kecil sudah mendapatkan nutrisi anak yang cukup dan seimbang. Jika si Kecil memiliki ciri-ciri di atas, Anda bisa melanjutkan pemberian gizi yang baik dengan pola makan baik. Jangan lupa untuk membiasakan si Kecil hidup bersih, membiasakan mereka beraktivitas fisik, dan selalu memantau kesehatan secara berkala.

Jika Anda adalah profesional di bidang nutrisi dan pediatri, Anda bisa bergabung dengan Nutricia Professional. Platform satu ini menjadi wadah bagi para tenaga kesehatan untuk mendapatkan berbagai macam informasi penting. Selengkapnya mengenai Nutricia Professional bisa Anda lihat di website nutriciaprofessional.id.

0 comments :

Post a Comment