Wednesday, July 28, 2021

Ruangan kecil bukanlah alasan untuk mewujudkan dapur yang ideal dan nyaman digunakan. Pasalnya, saat ini ada cukup banyak sekali tips dan ide desain dapur sederhana yang bisa coba Anda aplikasikan agar dapur di rumah menjadi lebih nyaman untuk melakukan aktivitas seperti memasak.

Berikut akan kami coba jelaskan beberapa ide desain dapur yang ideal untuk ruangan yang tergolong kecil.

1.      Ide Desain Dapur Terbuka

Tipe desain dapur terbuka tergolong banyak disukai untuk ruangan kecil. Konsep desain ini sering diaplikasikan pada penggunaan desain rumah modern maupun kontemporer. Selain itu juga bisa diaplikasikan pada beberapa konsep desain ruangan dapur lainnya.

Konsep dapur terbuka adalah membuka sekat antara dapur dan ruangan lainnya. Dengan konsep ini, ruangan akan tampak lebih luas karena tidak ada sekat yang menghalangi dapur dengan ruangan lain.

Anda juga bisa menempatkan dapur pada ujung rumah. Atau bisa juga Anda tempatkan pada perbatasan antara area luar ruangan rumah. Agar tampak lebih luas, Anda bisa mencoba menggunakan pintu kaca sebagai penutup dapur

2.      Optimalkan Tinggi Dinding

Tinggi dinding di ruangan Anda umumnya akan membuat ruangan Anda tampak menjadi lebih luas. Maka dari itu, Anda bisa mengoptimalkan tinggi dinding agar ruangan tampak luas dan tidak terkesan sempit.

Jika dinding dapur Anda tidak terlalu tinggi, Anda bisa menyiasatinya dengan membuat rak yang disusun secara vertikal.

Selain itu, Anda juga bisa meminimalisir penggunaan perabotan di dapur. Karena, semakin banyak perabotan yang Anda gunakan di dapur, maka dapur Anda akan terlihat penuh dan akhirnya sesak.

Pilih atau belilah perabotan-perabotan yang hanya diperlukan saja. Jika sudah terlanjur membeli banyak perabotan, susunlah secara rapi agar tidak tampak penuh.

3.      Gunakan Warna Monokrom

Penggunaan warna monokrom adalah salah satu pilihan warna yang tepat untuk ruangan yang sempit atau kecil. Warna monokrom adalah salah satu pilihan warna terbaik agar ruangan Anda tetap eye catching.

Warna monokrom juga akan memberi kesan cerah pada ruangan. Jenis-jenis warna monokrom yang bisa Anda coba aplikasikan seperti warna putih, abu-abu, cream, maupun biru navy.

Anda juga bisa memadukan dua warna monokrom sekaligus seperti hitam dan putih. Kedua warna ini sangat ideal sekali untuk sebuah ruangan, khususnya ruangan yang terbilang sempit atau kecil.

4.      Mengaplikasikan Berbagai Bahan-Bahan Alami

Menurut para desainer interior rumah ternama, bahan-bahan alami yang dimaksud di sini yaitu seperti kayu. Elemen ini merupakan salah satu bagian penting yang dapat membuat ruangan tampak lebih luas dan juga nyaman.

Beberapa contoh yang bisa Anda aplikasikan seperti kursi kayu. Selain itu, Anda juga bisa mengoptimalkannya dengan menggunakan marmer pada meja masak yang terbuat dari bahan kayu.

Agar dapur tampak lebih menawan dan juga menarik, Anda juga bisa menempatkan vas bunga di bagian sudut dapur, atau bisa juga di atas meja makan. Menggunakan taman hias di dapur tentu akan menciptakan nuansa segar pada dapur Anda.

Kesimpulan

Punya ruangan yang kecil untuk dapur ternyata biasa kita siasati agar dapur tersebut tidak tampak kecil dan juga sempit. Melalui ide-ide desain di atas, kini Anda bisa mencoba mengaplikasikan desain-desain di atas agar ruangan Anda tampak luas dan juga nyaman.

Demikian informasi seputar ide desain dapur sederhana agar tampak luas dan juga optimal. Semoga informasi di atas dapat membantu Anda mencari ide desain dan tips cara mengoptimalkan ruangan dapur yang sempit agar tampak lebih luas.


0 comments :

Post a Comment