Monday, October 30, 2017

4 Hal Penting Yang Harus Dilakukan Dalam Menanamkan Nilai Sopan Santun
Setiap anak mengalami perkembangan di usia kanak-kanak yang pesat, sehingga di usia kanak-kanak ini seringkali disebut sebagai usia emas. Semua orang tua harus mampu memanfaatkan momen berharga ini dengan segala cara, mulai dari memastikan pemenuhan gizi harian dengan menyajikan makanan bernutrisi setiap hari, mengajaknya melakukan aktivitas fisik untuk mendukung perkembangan motorik kasarnya, dan mengajarkan nilai-nilai sopan santun
4 Hal Penting Yang Harus Dilakukan Dalam Menanamkan Nilai Sopan Santun
Mengajarkan nilai kesopanan dan mengenalkan adat budaya ketimuran saat ini menjadi hal yang sangat penting karena di era modernisasi, budaya barat dan asing begitu mudahnya masuk dan diikuti oleh generasi muda kita, sehingga menggerus budaya bangsa dan adat ketimuran. 

Berikut ini langkah-langkah menanamkan nilai kesopanan untuk buah hati.

1. Mulai sejak dini

Kapan waktu terbaik mengajarkan anak nilai-nilai kesopanan? Jawabannya adalah harus dikenalkan sejak dini, sejak anak balita dan mulai memahami bahasa orang tuanya. Anda harus mulai mengenalkan hal-hal sederhana seperti membiasakan mengatakan terima kasih, tolong, dan maaf kepada orang tua dan kepada orang lain.

2. Berikan teladan yang baik

Tidak cukup hanya dengan perintah dan materi saja, namun anak akan lebih mudah mencontoh perilaku sopan santun dari anda sebagai orang tuanya. Anak akan meniru hal apapun yang anda lakukan mulai dari gaya berbicara, gerak tubuh, dan semua perilaku anda. maka setelah anda memiliki buah hati, maka saatnya anda harus lebih berhati-hati dalam berprilaku karena akan dicontoh oleh buah hati.

3. Berikan pujian kepada buah hati

Orang tua harus selalu memberikan apresiasi berupa pujian setiap kali anak melakukan nilai kesopanan sesuai dengan yang anda contohkan. Dengan adanya pujian, maka anak akan merasa dihargai dan lebih termotivasi untuk selalu bertutur kata yang baik kepada siapapun dan dimanapun ia berada.

4. Ajarkan nilai-nilai agama

Sejak dini, anda juga harus mengenalkan nilai-nilai agama, bahkan jangan sampai norma kesopanan bertentangan dengan norma agama. Dengan mengenal nilai-nilai agama, maka anak akan mengetahui hal yang baik dan buruk.

Demikianlah 4 hal penting dalam mengajarkan nilai sopan santun kepada buah hati, semoga bermanfaat.

0 comments :

Post a Comment