Monday, September 26, 2022

Sudah bukan menjadi rahasia lagi, jika kuliah jurusan ekonomi merupakan salah satu jurusan yang menjadi favorit banyak calon mahasiswa yang akan melanjutkan pendidikan mereka di jenjang perguruan tinggi. Bagaimana tidak, lulusan dari jurusan ini selalu menjadi incaran banyak perusahaan di di tanah air, bahkan hingga perusahaan luar negeri. Bisa dikatakan jurusan ini menjadi jurusan dengan prospek masa depan yang cukup menjanjikan

Nah, bagi Anda yang ingin mengenal dan memahami lebih jauh dengan jurusan ini, yuk simak pembahasannya yang akan kami sajikan pada artikel dibawah ini! 

Siapa Saja yang Cocok Kuliah di Jurusan Ekonomi?

Perlu diketahui, ilmu yang dipelajari di jurusan ekonomi tidak melulu hanya belajar tentang uang dan manajerial saja, lho! Nyatanya, di fakultas ini Anda juga akan mempelajari banyak hal tentang tata cara mengelola sumberdaya perusahaan hingga menjalankan bisnis dengan baik. 

Jadi, bagi Anda yang sudah menggemari dunia accounting, finansial dan bisnis kuliah di jurusan ekonomi bisa Anda jadikan pilihan tepat untuk melanjutkan pendidikan. Jika Anda serius dengan jurusan ini, Anda akan dapat mengasah kemampuan dengan sangat baik.

Cabang Jurusan Ekonomi?

Beberapa cabang dari jurusan ekonomi diantaranya yaitu:

Akuntansi

Pada jurusan ini Anda akan lebih dalam untuk mempelajari banyak hal mengenai perbukuan dan sistem informasi kegiatan ekonomi dari suatu lembaga, perusahaan, hingga dunia industri. Di jurusan ini setidaknya terdapat tiga ilmu paling umum yang biasa diajarkan yaitu: 

  • Akuntansi keuangan
  • Akuntansi perpajakan
  • Audit

Manajemen

Pada ilmu manajemen, Anda akan belajar detail tentang metode dan tata kelola organisasi ekonomi, perusahaan dan industri dengan baik. Biasanya Anda akan mempelajari bagaimana cara mengatur perencanaan, pengalokasian, pelaksanaan, dan engevaluasian. Ada empat peminatan yang ada di jurusan ini, diantaranya yaitu: 

  • Manajemen keuangan
  • Manajemen sumber daya manusia
  • Manajemen operasional 
  • Manajemen pemasaran 

Ilmu Ekonomi

Dalam ilmu ekonomi, Anda akan lebih dalam mempelajari dan menelaah tentang perekonomian dari sudut pandang makro serta kebijakan-kebijakan yang diterapkan. Beberapa peminatan akan Anda temukan disini, yaitu:  

  • Ekonomi publik
  • Ekonomi regional
  • Ekonomi moneter
  • Ekonomi pembangunan
  • Ekonomi industri
  • Ekonomi sumber daya alam dan lingkungan
  • Ekonomi sumber daya manusia

Prospek Kerja Setelah Lulus Kuliah di Jurusan Ekonomi

Setelah lulus dan menjadi sarjana ekonomi, Anda akan mendapatkan beberapa prospek dan peluang mendapatkan pekerjaan yang sangat menjanjikan, lho! Berbagai jenis pekerjaan yang bisa didapatkan sesuai dengan ilmu yang telah dipelajari di bangku kuliah jurusan ekonomi ini diantaranya yaitu, bekerja sebagai ekonom, akuntan, auditor, manajer keuangan, ahli finansial, hingga dosen. Semuanya bisa Anda dapatkan dengan catatan kesungguhan saat mengenyam pendidikan di universitas dan sesuai dengan passion yang Anda miliki.

Kampus Terbaik Untuk Kuliah Jurusan Ekonomi

Dari sekian banyaknya universitas atau perguruan yang menawarkan jurusan ekonomi, Universitas Indonesia dengan fakultas ekonomi yang terakreditasi A merupakan pilihan paling tepat untuk menggapai cita-cita dimasa depan. 

Universitas Indonesia atau yang biasa dikenal dengan sebutan UI sendiri merupakan salah satu kampus terbaik yang berhasil melahirkan lulusan-lulusan yang juga terbaik dan menjadi tokoh penting tanah air. 

Universitas yang telah berdiri sejak tahun 1849 ini merupakan pionir inovasi dalam perkembangan dunia pendidikan guna menciptakan perubahan di masa depan. Jadi, bagi Anda yang ingin kuliah jurusan ekonomi, Universitas Indonesia tempatnya.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai Universitas Indonesia hingga tata cara pendaftaran, Anda bisa langsung mengunjungi official website-nya di https://www.ui.ac.id/.

0 comments :

Post a Comment