Tuesday, July 13, 2021

Bagi pasangan mana pun yang akan melanjutkan hubungannya ke jenjang pernikahan tentu akan membeli sepasang cincin sebagai simbol pengikat antara satu sama lain. Dalam hal memilih wedding ring tentunya kita tidak mau salah pilih. Biasanya setiap pasangan akan memilih cincin berlian untuk dijadikan sebagai cincin pernikahan mereka, jadi tidak heran apabila ini menjadi favorit bagi setiap pasangan. Selain berkilau, cincin berlian juga memberikan kesan keindahan dan elegan bagi siapapun yang mengenakannya.

Sesuai dengan keindahan bentuknya, tentu saja cincin berlian menjadi salah satu perhiasan dengan nilai harga yang tinggi di pasaran. Meskipun begitu, dalam menjalankan sebuah pernikahan tentu tidak hanya sekedar memiliki cincin berlian, tapi sepasang pengantin akan melanjutkan hidup bersama dan memerlukan biaya untuk melanjutkan hidup.

Maka disinilah kita akan mengulas bagaimana cara cermat memilih perhiasan agar dapat menghemat biaya pernikahan. Terdapat beberapa faktor penentu nilai harga sebuah berlian yang disebut sebagai  4C yaitu cut (potongan), color (warna), carat (karat), dan clarity (kejernihan). Selain itu, dalam memilih sebuah cincin berlian kamu bisa mengikuti beberapa tips dan trik berikut ini.

Perhatikan Critical Weight

Sebelum membeli sebuah cincin berlian kamu harus memperhatikan mulai dari potongan dan tingkat karatnya. Biasanya terdapat perbedaan yang cukup jauh antara cincin dengan berlian dalam bentuk utuh dan berlian dengan bentuk setengah potong. Jadi, akan jauh lebih baik membeli sebuah berlian dengan berat sekitar 0.95 karat daripada 1.00 karat. 

Produsen berlian biasanya akan berusaha mengurangi critical weight sebuah berlian karena jika beratnya kurang sedikit saja itu dapat mempengaruhi harga berlian hingga memiliki harga yang terjangkau.

Perencanaan Pembelian Cincin

Mungkin tidak ada aturan yang tertulis secara resmi, tapi tanpa kamu sadari biasanya pada bulan September hingga Desember banyak sekali pasangan yang melaksanakan pernikahan. Dan bisa saja beberapa orang akan beranggapan bahwa pada bulan-bulan tersebut harga perhiasan seperti cincin berlian sedang meningkat, tapi malah justru sebaliknya.

Umumnya bagi pasangan yang akan melaksanakan pernikahan maka mereka akan membeli cincin berlian jauh dari 3 hingga 6 bulan sebelumnya. Pada bulan September hinga November justru toko perhiasan biasanya sepi dan mulai ramai lagi pada bulan Februari atau akhir tahun.

Pilih Bentuk Cincin yang Tidak Biasa

Cincin berlian round cut merupakan bentuk yang amat sangat digemari banyak orang karena pantulan cahayanya yang mengkilau dan cantik. Selain harganya yang lebih mahal daripada berlian dengan potongan lainnya, produsen berlian juga mengakui bahwa lebih sulit mengasah round cut diamond daripada jenis lainnya.

Jadi, cobalah tahan dirimu untuk tidak memilih berlian dengan jenis round cut demi menghemat biaya pernikahan kamu dan pasanganmu.

Pilih Emas

Cincin berlian dengan emas kuning dapat dikatakan sebagai model yang sedikit kuno bagi pasangan muda. Namun, justru harga emas kuning biasanya lebih murah dibandingkan harga emas putih yang begitu juga jauh lebih murah daripada harga emas platinum. Hal ini jelas karena tambang emas platinum di Indonesia jauh lebih sedikit daripada emas kuning dan emas putih. 

Tidak Harus Branded Design

Kemudian bagi kamu yang akan menjalankan pernikahan tentu saja kehidupan di masa mendatang jauh lebih penting daripada harus rela menghabiskan banyak biaya hanya untuk sebuah cincin berlian. Maka dari itu akan jauh lebih baik jika kamu tidak perlu membeli cincin berlian dengan branded tertentu dengan harga yang mahal. Jika bisa membeli original wedding ring couple dengan harga murah kenapa harus beli yang mahal.

0 comments :

Post a Comment