Monday, June 28, 2021



Ada banyak sekali keuntungan menggunakan layanan investasi deposito, diantaranya adalah aman, syaratnya mudah, bunga tetap dan pastinya lebih besar, bebas administrasi bulanan, dan juga ada jaminan kreditnya. Nah, Bank Sinarmas telah menyediakan layanan deposito online serta kalkulator deposito sebagai alat menghitung seberapa besar bunga deposito yang akan Anda peroleh. 

Cara menggunakannya pun sangat mudah, cukup masukkan jumlah dana yang didepositkan, lamanya waktu penyimpanan dana atau yang disebut tenor, bunga deposito yang saat ini berlaku, dan pajak deposito yang berlaku sebesar 20 %. Setelah itu, Anda akan dapat melihat seberapa besar bunga keuntungan dan uang Anda bertumbuh. Perlu diketahui, suku bunga pada Bank Sinarmas adalah 3,25% dengan minimal penempatan per Bilyet IDR 500.000.

Cara Menghitung dengan Kalkulator Deposito




Dalam melakukan perhitungan kalkulator deposito, harus kita dasarkan pada rumus: 

Bunga = dana deposito awal x tenor deposito (bulan) x bunga deposito tahunan (dalam %) x pajak bunga deposito (%). 

Misalnya, kita mendepositokan uang sebesar Rp. 10 juta di sebuah bank dengan bunga 5,25% per tahun, maka perhitungannya adalah:

Rp. 10.000.000 x 5,25 x 5,25% x 20% = Rp. 131.250. maka bunga yang kamu dapatkan perbulan adalah Rp. 131.250. sementara itu bunga setelah pajak adalah Rp. 105.000. maka dari perolehan tersebut, dana setelah tenor berakhir adalah sebesar Rp. 10.105.000.

Cara Menghitung Bunga Deposito

Simpanan investasi dalam bentuk deposito akan mendapatkan bunga. Selain itu, nasabah juga akan dikenakan potongan pajak untuk nominal tertentu dengan PPh (Pajak Penghasilan) sebesar 20 % untuk jumlah dana lebih dari Rp. 7,5 juta. Untuk dana kurang dari itu, tidak akan dikenakan potongan. Adapun cara menghitung deposito sangat sederhana, yaitu dengan rumus:

  • Bunga deposito = jumlah uang simpanan x bunga per tahun x tenor : 12 (untuk jumlah simpanan di bawah Rp.7,5 juta). 

  • Sedangkan adapun rumusan untuk simpangan dengan dana sama dengan atau lebih dari Rp. 7,5 juta ,maka rumus deposito yaitu -  Bunga Deposito = jumlah uang simpanan x bunga per tahun x 80 % x tenor : 12. (Maksud dari 80 persen tersebut adalah karena adanya potongan pajak sebanyak 20 % untuk simpanan sebesar Rp. 7,5 juta ke atas). 

Adapun rumus umum untuk perhitungan deposito yaitu: 

Bunga Deposito = dana deposito x ( Bunga Tahunan / 12 ) x jumlah bulan tenor (jangka waktu deposito). Hasil dari perhitungan rumus tersebut masih dikenakan pajak bunga deposito sebesar 20 %. 

Namun lebih dari semua bentuk perhitungan dan rumus-rumus di atas, Bank Sinarmas menyediakan alat bantu menghitung berupa kalkulator deposito. Yang tentu saja tidak lain untuk mempermudah nasabah mengontrol jumlah keuntungan dari hasil investasinya dalam bentuk deposito di bank. Penggunaan kalkulator ini telah mempermudah nasabah. Kita bisa dengan rutin dan mudah mengecek berapa jumlah bunga deposito kita setelah berinvestasi.

Tanpa lagi menghitung dengan rumus secara manual. Kalkulator akan dengan sangat mudah dan canggih digunakan, Anda hanya akan perlu memasukkan nominal deposito dan bunga per tahun dalam bentuk prosen. Semua layanan dan fasilitas terbaik yang telah disediakan adalah agar nasabah merasa nyaman, aman, dan mudah dalam melakukan segala bentuk transaksi perbankan khususnya dalam layanan investasi.

0 comments :

Post a Comment