Thursday, February 25, 2021

Pada masa sekarang ini masih ada saja beberapa orangtua yang merasa keberatan apabila anaknya memilih untuk melanjutkan pendidikannya ke bidang seni, terutama bidang perfilman. Rasa khawatir tersebut biasanya didasari oleh pandangan yang berpendapat bahwa menggeluti bidang seni apalagi masuk sekolah film tidak bisa menjamin masa depan cerah.

Masih banyak yang berpendapat bahwa seseorang tidak bisa mapan secara finansial jika hanya mengandalkan keahlian di bidang seni. Selain itu profesi di perfilman juga dianggap tidak bisa menjadi profesi yang awet karena tren dunia film yang selalu berubah.

Orangtua yang memiliki stigma tersebut akan memberikan dampak buruk bagi anak sehingga dapat menurunkan semangat dan kualitas seorang anak. Pandangan seperti ini sudah seharusnya dihapuskan demi kelangsungan masa depan seorang anak.

Jadi, sebelum para orangtua melarang anak-anaknya yang ingin meneruskan pendidikannya dengan mendaftar ke sekolah film. Maka berikut ini alasan mengapa kamu harus ikut sekolah film. 

Kualitas Film di Indonesia Semakin Meningkat


Bagi kamu yang belum tahu, pemerintah sudah membentuk Barekraf atau Badan Ekonomi Kreatif yang bertujuan mendukung untuk meningkatkan kualitas seni di Indonesia dan film merupakan salah satu targetnya.

Dengan adanya barekraf ini maka para rumah produksi di Indonesia pun semakin gencar berlomba-lomba meningkatkan kualitas filmnya. Maka selanjutnya, hal ini bisa berdampak baik bagi masyarakat Indonesia yang dapat menikmati film berkualitas.

Sumber Daya Manusia yang Kurang Memadai

Gairah produksi film yang semakin meningkat sehingga tidak sedikit rumah produksi yang memiliki investor dari mancanegara mulai dari produksi hingga tahap distribusi, tapi itu semua berbanding terbalik dengan kurangnya sumber daya manusia (SDM) yang ada.

Sangat disayangkan dengan semakin banyaknya permintaan SDM di bidang perfilman, tapi di Indonesia sendiri belum memiliki banyak sekolah film yang dapat memenuhi permintaan tersebut. Maka dari itu, demi meningkatkan kualitas perfilman Indonesia baik mulai dari produksi hingga sumber daya manusianya.

Sarana untuk Mengasah Kreatifitas dalam Bidang Seni

Sebagai anak muda, tentu kamu merasa memiliki rasa penasaran dan juga rasa ingin mengeksplorasi diri yang besar. Maka dari itu seni merupakan tempat meluapkan segala macam energi muda yang ada dalam diri kamu sekaligus mengasah dan mengembangkan kreatifitas seni terutama dalam bidang perfilman.

Bertujuan untuk Mengharumkan Nama Bangsa Melalui Film

Jika sudah menggeluti bidang film tentu kamu bisa ikut berjasa dalam mengharumkan nama bangsa dengan mengikuti berbagai macam festival bergengsi tingkat internasional. Sudah terbukti dengan banyaknya penghargaan yang diraih oleh Indonesia dalam ajang festival film internasional.

Apabila semakin bertambahnya pelaku seni dalam bidang perfilman, apalagi jika sudah mengikuti pendidikannya, tentu akan semakin banyak pula film-film berkualitas yang akan bermunculan di Indonesia.  Dengan begitu maka industri perfilman Indonesia akan semakin dipandang di dunia.

Memperbaiki Citra Televisi Indonesia

Dapat kita lihat sekarang ini semakin jarang generasi muda yang berminat pada tontonan di televisi. Mereka lebih berminat untuk memilih tontonannya sendiri di dunia maya. Jelas saja, karena semakin ke sini semakin banyak program-program televisi yang menayangkan tontonan yang dapat kurang berkualitas.

Kualitas yang dimaksud yaitu mulai dari sinematografi, pesan moral, hingga jalan ceritanya. Tentu dengan banyaknya anak muda yang mengikuti pendidikan dalam bidang film maka diharapkan bisa mengubah pola pertelevisian Indonesia yang seperti demikian.

0 comments :

Post a Comment