Thursday, March 4, 2021

bubur bayi

Bubur adalah makanan yang cocok untuk bayi yang sudah memasuki usia 6 bulan. Di usia tersebut, bunda harus sudah mempersiapkan makanan pendamping ASI, atau MPASI. Pada dasarnya, membuat bubur bayi tidak sulit. Bunda bisa mengolahnya sendiri di rumah dengan alat sederhana.

Namun, yang harus diperhatikan adalah bahan-bahan apa saja yang harus digunakan dalam pembuatannya. Selain bahan utama, yaitu beras, atau beras merah, bunda juga harus mempersiapkan sayuran sebagai pelengkapnya. Sayuran-sayuran ini akan membuat bubur yang dibuat menjadi bagus untuk kesehatan si kecil.

Tips Membuat Bubur Untuk Bayi

bubur bayi

Bagi yang masih bingung cara membuatnya, berikut kami paparkan tips dan panduannya kepada Anda.

1. Pilih Peralatan yang Sesuai

Peralatan membuat bubur tidaklah sulit. Hampir sama dengan peralatan yang biasa digunakan untuk membuat bubur orang dewasa. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan blender, maupun slow cooker agar lebih mudah dan cepat.

2. Jangan Memasak Bahan-Bahannya Terlalu Lama

Ada beberapa bahan yang sangat disarankan untuk tidak terlalu lama saat proses memasaknya. Misalnya seperti bahan-bahan sayuran yang digunakan sebagai pelengkap. Pasalnya, memasak sayuran terlalu lama akan membuat kandungannya rusak.

3. Jangan Menggunakan Gula Maupun Garam

Bubur untuk bayi tidak disarankan dulu menggunakan penyedap, seperti garam, gula, dan sejenisnya. Alangkah baiknya bunda memfokuskan pada rempah sebagai perasanya. Bisa juga menambahkan bawang merah, maupun bawang putih.

4. Masak Bubur dan Bahan Pelengkap Hingga Matang

Sebelum bunda memberi makan si kecil dengan bubur tersebut, pastikan bunda memasak semua bahan maupun buburnya secara matang, ya. Pasalnya, bisa saja makanan tersebut mengandung bakteri salmonella yang dapat menyebabkan diare pada anak-anak.

5. Simpan Bubur Bayi di Lemari Es

Bunda bisa menyimpan bubur di lemari es setelah membuatnya. Dengan catatan, bubur tersebut dibuat untuk satu kali porsi makan saja. Jika bunda ingin memberinya kembali, bunda bisa menghangatkannya terlebih dahulu menggunakan pemanas elektrik atau streamer.

Nah, itulah informasi seputar pentingnya bubur bayi lengkap dengan tips dan cara membuatnya. Bagaimana, mudah bukan? Anda bisa membuatnya sendiri di rumah dengan bahan-bahan tambahan seperti sayuran yang bagus untuk kesehatan mereka.

0 comments :

Post a Comment