Thursday, May 23, 2019

Cara Bergaul Selama Menjadi Siswa Islamic Boarding School
Islamic Boarding School

Menjadi bagian dari Islamic boarding school memanglah suatu kebanggaan tersendiri bagi setiap siswanya. Apalagi selama di boarding school siswa tidak hanya dituntut untuk mampu dalam bidang akademik, melainkan juga bagaimana dirinya dengan sekitarnya karena kehidupannya tentu berbeda dengan siswa-siswa lain pada umumnya.

Terkait dengan kehidupan di boarding school ini setiap siswanya haruslah mampu beradaptasi dengan sekitar agar selama belajar tetap memiliki rasa kenyamanan bersama teman-teman. Untuk itu berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan sebagai berikut :

1. Senyum, sapa , salam
Hal ini tentu sudah tidak asing lagi dalam kehidupan sehari-hari. Memanglah perlu untuk diterapkan bagi siswa Islamic boarding school sebagai cerminan kepribadian yang baik dan santun. Tidak hanya unggul dalam hal akademik melainkan juga memiliki kepribadian yang tidak diragukan.

Islamic Boarding School

Bersikap ramah terhadap siapapun dan tidak pilih-pilih dalam bergaul adalah hal yang sudah sepatutnya dilakukan oleh anak-anak boarding school ini. Mengingat mereka jauh dari kehidupan rumah dan keluarga sehingga untuk dapat tetap bertahan dengan lingkungan sekitar adalah beradaptasi dengan baik melalui pengamalan senyum, sapa, dan salam ini.

2. Tidak egois
Kehidupan di rumah dengan di boarding school tentulah berbeda. Jika selama ini ketika di rumah selalu egois dan ingin menang sendiri misalnya, di Islamic boarding school ini tidak akan bisa melakukan hal tersebut.

Hal ini karena sifat kegotong-royongan yang perlu dijunjung dan saling membantu karena di sini adalah untuk kepentingan umum sehingga harus bisa mengontrol diri apabila jika terkadang masih suka egois. Untuk itu perlu dibiasakan agar memiliki teman yang banyak maka sifat egois dan kekanak-kanakkan haruslah dihilangkan.

3. Saling menghargai
Sebagai siswa yang pasti setiap hari bertemu dengan orang-orang itu saja tentu akan timbul rasa menyepelekan apalagi boarding school yang sistemnya memang siang malam pun akan bertemu. Sehingga di sini memang sering timbul sifat menyepelekan teman.

Hal ini sangatlah tidak baik karena pada dasarnya hidup di tempat yang tidak hanya kita tinggali sendiri maka sudah seharusnya sifat saling berbagi, toleransi, dan saling menghargai perlu dilakukan mengingat kesemuanya adalah jauh dari keluarga dan sudah barang tentu harus dipahami bersama jika karakter orang pasti berbeda-beda sehingga perlu waktu untuk terbiasa.

Demikianlah beberapa hal yang perlu dilakukan agar bisa bergaul dengan baik dengan siapapun sehingga hal ini juga akan menguntungkan karena di SMA Dwiwarna sebagai Islamic boarding school yang notabene jauh dari keluarga tetapi tetap ada teman yang bisa diajak untuk berbagi dan bersama.

0 comments :

Post a Comment