Sunday, April 22, 2018

Besarnya Fungsi Vitamin A Kesehatan Mata

Salah satu organ tubuh manusia yang memiliki fungsi sebagai indera penglihatan adalah mata. Ya, keberadaan mata bagi manusia sangatlah vital. Tanpa mata kita tidaka akan bisa melihat apapun benda atau berbagai kejadian yang ada di dunia ini. Bagi anda yang dikarunia oleh Tuhan mata yang normal, sehat serta berfungsi dengan sangat baik patut mensyukurinya yangs alah satu caranya adalah dengan senantiasa menjaga dan memelihara kesehatan mata anda tersebut setiap saat. 

Dari sekian banyak cara menjaga dan memelihara kesehatan mata anda tersebut, asupan vitamin A ke dalam tubuh merupakan salah satunya. Lengkapi kebutuhan tubuh anda khususnya untuk organ mata dengan selalu mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang banyak mengandung vitamin A kesehatan mata. Asupan makanan yang mengandung banyak vitamin A akan membantu anda memiliki organ mata yang sehat serta berfungsi dengan baik sebagai indera penglihatan kita.

Secara umum, vitamin A kesehatan mata memang membantu metabolisme sel yang terdapat pada lapisan paling luar retina, yang fungsinya untuk beradaptasi dengan cahaya terang dan gelap. Seseorang yang kekurangan vitamin A dapat terkena xeroftalmia dimana bola mata menjadi kering, kornea mengeras dan pembengkakan kelopak. Apabila tidak diobati, xeroftalmia dapat menyebabkan kebutaan permanen. 

Fungsi lain vitamin A adalah mencegah pembentukan radikal bebas yang dapat merusak sel retina dan lensa. Ia juga bermanfaat sebagai pencegah katarak dan penyakit retina seperti degenerasi makula. Konsumsi vitamin A harus sesuai dengan dosis yang dianjurkan yaitu 7500 mcg per hari (sesuai tingkat kebutuhan dan usia). 

Namun ketika anda mengkonsumsi makanan bervitamin A, jangan sampai anda berlebihan dalam mengkonsumsinya, karena kelebihan vitamin A akan menyebabkan keracunan baik itu terjadi pada satu kali pemberian (keracunan akut) ataupun dalam jangka waktu lama (keracunan kronis). Gejala awal dari keracunan kronis adalah: rambut yang jarang dan kasar, kerontokan pada sebagian bulu mata, bibir pecah-pecah, kulit kering dan kasar, sakit kepala hebat, nyeri sendi terutama pada anak-anak.

Demikian kajian mengenai besarnya fungsi vitamin A kesehatan mata bagi salah satu organ penting dalam tubuh anda berupa mata. Semoga bermanfaat !

0 comments :

Post a Comment