Thursday, February 22, 2018

Fashion Retro dan Vintage? Serupa Tapi Tak Sama
Fashion Retro
Kita pasti pernah atau bahkan sering mendengar istilah gaya berbusana vintage. Jika diminta untuk menjelaskan seperti apa sih gaya berbusana vintage itu, maka pasti tak sedikit dari kita yang menjawab jika gaya busana vintage itu adalah gaya busana yang jadul, yang banyak menggunakan celana cut bray ala elvis Presley atau penggunaan rok dan gaya make up ala marlyn monroe. 

Tapi jika ditanya bagaimana fashion retro itu? Mungkin anda akan berpikir jika retro dan vintage sama – sama gaya berbusana jadul dan mugkin saja memiliki persamaan. Akan tetapi, pada kenyataannya gaya busana vintage dan retro adalah dua hal yang serupa tapi tak sama. Dua – duanya memang merupakan tren busana jadul namun memiliki karakteristik yang berbeda.

Gaya busana pada fashion vintage berkembang pada tahun 20 hingga 60an, sedangkan fashion retro berkembang pada tahun 60 hingga 90 an. Untuk model busana, contohnya pada busana wanita, penggunaan warna yang lembut dengan model dress atau rok menjadi ciri khas pada busana bergaya vintage. 

Sementara, untuk busana dengan gaya retro tidak hanya rok atau dress saja tapi juga bermain dengan model pakaian lainnya seperti celana, jaket, tunik, dan sebagainya yang warnanya pun lebih beragam. Jika anda menemukan busana yang khas dengan motif bunga, polkadot, garis simetris, atau kotak – kotak, maka itu adalah ciri dari gaya vintage. Sementara, gaya retro memiliki motif yang lebih bervariasi. jika menggunakan garis pun maka garisnya lebih asimetris atau bebas dan warnanya pun beragam.

Fashion Retro dan Vintage? Serupa Tapi Tak Sama
Fashion Retro

Salah satu gaya khas pada busana gaya vintage adalah penggunaan kerah dan juga pita yang cukup besar pada bagian dada. Sementara yang menjadi gaya khas dari fashion retro adalah celana cut bray, celana pendek, jaket kulit, rompi, dan warna yang saling bertabrakan. 

Gaya vintage juga erat dengan pemilihan model rok A line yang panjang melebihi lutut dan juga celana panjang diatas pinggang. Sementara gaya retro cenderung lebih bebas seperti pemilihan baju yang ketat dengan warna cerah.

0 comments :

Post a Comment