Tuesday, September 20, 2016

Tak mempunyai modal atau bermodal kecil itu bukan sebuah alasan untuk tidak menjalankan sebuah bisnis. Untuk sekarang ini saja, bisnis dengan modal kecil sangatlah banyak. dari bisnis yang virtual maupun konvensional (fisik). Walaupun demikian, dengan banyaknya bisnis kecil yang bisa dilakukan, tetap saja ada kendala yang dihadapi, yang paling utama adalah ketakutan dari modal. Takut modalnya kurang atau yang lainnya. Lalu, sebenarnya bisnis apa yang bermodal kecil itu?
Bisnis Apa Yang Bermodal Kecil?
Bisnis dengan modal kecil bukan hanya sebuah angan-angan, tetapi sudah menjadi peluang dalam dunia bisnis. Bisnis dengan modal kecil yang pertama adalah bisnis di rumah. Sebelum melakukan bisnis ini, pastikan produk atau jasa yan kita tawarkan dapat diterima oleh tetangga atau masyarakat sekitar lainnya. Bisnis yang bisa dikerjakan antara lain jualan pulsa, membuka les privat, jasa desain, penjahit, membuka warung dan masih banyak lainnya. 

Disebut murah karena tidak perlu menyewa tempat berbisnis. Selanjutnya adalah bisnis onlin di rumah. Selain lebih praktis dan mudah, bisnis online juga tidak begitu beresiko. Banyak bisnis online yang dapat dilakukan dari rumah, seperti menjadi penulis artikel lepas, bisnis pengembangan website atau blog, bisnis pembuat blog atau website, dan masih banyak lainnya. Kedua bisnis ini tentunya memiliki keuntungan masing-masing, tetapi untuk di era globalisasi seperti sekarang, bisnis online lebih diperlukan dari pada bisnis konvensional (fisik).

Modal kecil pun untuk sekarang bisa melakukan banyak bisnis. Bergantung pemanfaatan modal tersebut bagaimana. Bisnis apa yang sesuai untuk masa sekarang? Antara bisnis online atau konvensional sebenarnya bergantung dengan kondisi dan kebutuhan. 

Memilih yang sesuai dengan kemampuan diri merupakan hal utama. Tapi tunggu dulu, setiap bisnis kecil maupun besar tentunya memiliki kendala sendiri-sendiri. Dalam menyikapinya, itu bergantung bagaimana kesiapan pebisnis tersebut. 

Apakah dia sudah berpengalaman atau belum. Maka dari itu, melakukan bisnis entah kecil atau besar, sudah jelas tidak boleh gampang menyerah. Jika menyerah, pintu dunia bisnis yang sukses dan berhasil akan tetutup dengan sendirinya.

0 comments :

Post a Comment