Sunday, September 19, 2021

Kecanggihan teknologi dan kecepatan informasi membuat industri perfilman berkembang semakin pesat di era digital ini. Tidak hanya media pertelevisian saja, industri perfilman dan konten digital mendulang sukses besar di platform live streaming kekinian. Jika Anda punya passion di bidang seni, maka ambil peluang berkarir sebagai kru perfilman atau konten kreator yang profesional sekarang juga. Anda bisa mengambil sekolah film di IDS Education yang akan memberikan materi dan wawasan yang relevan dengan industri perfilman dewasa ini. 

Karakter yang wajib dimiliki calon mahasiswa sekolah film 

Bila Anda yakin mengambil pendidikan lanjutan di bidang perfilman digital, maka pastikan punya karakter yang akan mendukung kesuksesan tersebut. Berikut 5 karakter yang wajib dimiliki calon mahasiswa yang mengambil program belajar di sekolah film yaitu :

Punya kreativitas dan imajinasi tinggi

Karakter utama yang harus Anda miliki adalah kreatif dan imajinatif sehingga punya ide dan inovasi baru dalam menciptakan sebuah karya. Kemampuan berpikir anti mainstream dan out of the box akan menjadi sisi positif diri Anda saat mengajukan portofolio di rumah produksi atau studio film.

Bisa bekerja dibawah tekanan

Sebenarnya, semua pekerjaan yang dilakukan di berbagai industri harus siap bekerja dibawah tekanan. Anda yang ingin terjun ke industri perfilman, maka harus punya mental baja dan tangguh. Deadline pekerjaan sangat ketat sehingga tidak boleh mundur sedikit pun atau bisa mempengaruhi pekerjaan kru lain, lho! Tidak peduli apapun profesi Anda seperti kameramen, penulis skenario, coordinator produksi, dan lain-lain, Anda harus siap bekerja dengan durasi waktu yang dibatasi. 

Mampu bekerjasama dengan tim

Tidak ada kesuksesan sebuah acara atau film tanpa kerja sama dengan kru yang lain. Pastikan Anda tipe orang yang mahir berkomunikasi, penyuka tantangan dan siap bekerja sama tanpa mengeluh. Solidaritas tinggi menjadi salah satu sikap yang harus dimiliki agar Anda bisa bekerja dalam tim lebih optimal. 

Aktif dan dinamis

Anda harus punya karakter aktif dan dinamis sebab pekerjaan di industri perfilman menuntut kecepatan dalam bekerja. Proses produksi sebuah film atau acara yang sangat ketat, cepat dan sibuk membuat Anda harus siap bekerja dengan jam kerja yang lebih padat. Tidak hanya bekerja 8-10 jam sehari, Anda bisa saja bekerja lebih ekstra sebelum produksi hingga pos produksi, baru kru bisa ambil libur setelah proyek selesai.

Pandai mencari solusi dan inisiatif

Industri perfilman menuntut para pekerja punya solusi saat menghadapi masalah tertentu. Kendala dalam proses produksi bukan hal aneh sehingga Anda harus selalu punya plan A, B atau C. Inisiatif merupakan salah satu karakter penting agar Anda bisa mengambil keputusan yang berdampak bagus pada produksi film bila mengalami kendala tertentu di lapangan, ya! Bukan tipe pekerja yang hanya menunggu perintah dari atasan tanpa kreativitas dan inovasi saat perlu mengambil alih keputusan lebih cepat.

Dengan memiliki beberapa karakter di atas, maka potensi Anda lulus dari sekolah film bisa langsung bekerja di industri kreatif sangat tinggi. Gaji pekerja seni bisa cukup tinggi bila memiliki jam terbang dan profesionalitas yang tidak diragukan lagi. Pastikan Anda memiliki mental, niat dan kerja keras setelah memutuskan terjun di bidang perfilman atau industri kreatif kekinian. Tinggal matangkan karakter Anda dengan materi dan keterampilan maksimal dari program belajar film yang kredibel seperti IDS Education, ya!

0 comments :

Post a Comment