Thursday, May 27, 2021


Salah satu tanggung jawab seorang ibu adalah memastikan bahwa si Kecil mendapatkan asupan nutrisi dan gizi yang lengkap serta seimbang. Akan tetapi sifat anak yang cenderung suka pilih-pilih makanan membuat tanggung jawab tersebut menjadi tidak mudah dilakukan. Anda perlu memutar otak agar si Kecil mau mengkonsumsi makanan bernutrisi dan bergizi dengan sukarela. 

Tenang saja, Anda bisa membuat si Kecil suka dengan makanan sehat tanpa memaksanya. Ada beberapa kebiasaan penting yang perlu diterapkan agar si Kecil lebih senang mengkonsumsi semua makanan yang Anda persiapkan. Langsung saja berikut ini adalah tipsnya untuk Anda:



Hindari Makanan Cepat Saji atau Fast Food

Makanan cepat saji atau yang juga dikenal dengan fast food merupakan jenis makanan yang populer saat ini. Beberapa contoh fast food yang disukai oleh si Kecil yaitu kentang goreng, hamburger, hot dog, dan lain sebagainya. Anda bisa membantu si Kecil menghindari fast food dengan membuatkan fast food sehat ala rumahan. Misalnya yaitu nugget dengan bahan yang lebih sehat untuk dikonsumsi.

Lebih Kreatif dalam Mengolah Makanan

Si Kecil yang mengonsumsi makanan itu-itu saja pasti lama-kelamaan akan merasa bosan. Oleh sebab itu, dibutuhkan kreativitas dan inovasi agar si Kecil mau mengkonsumsi makanan bernutrisi dan sehat. Cobalah mengolah makanan dengan cara yang baru. Jika biasanya Anda mengolah bayam dengan cara membuat sayur bening, coba ganti dengan membuat roti isi bayam dan daging.

Kenalkan Variasi Makanan yang Bernutrisi

Tidak hanya cara mengolahnya saja yang harus divariasikan. Anda juga perlu memvariasikan makanan sehat yang akan diberikan pada si Kecil. Tujuannya agar mereka lebih mengenal variasi makanan sehat. Selain itu, variasi makanan sehat juga bisa membantu memenuhi kebutuhan gizi yang lengkap dan seimbang. Anda bisa melakukan variasi dengan mencampur beberapa makanan sehat sekaligus.

Jadikan Makanan yang Bernutrisi Sebagai Pilihan Utama

Si Kecil akan mau mengonsumsi makanan sehat apabila tidak ada menu lain yang disajikan di meja. Pastikan kulkas dan meja makan si Kecil selalu terisi oleh makanan-makanan sehat seperti susu, buah, yogurt, sayuran, dan lain sebagainya. Jangan menyimpan makanan instan atau makanan yang mengandung banyak penyedap rasa di rumah.

Membiasakan Si Kecil untuk Tidak Jajan di Luar

Ada banyak jenis jajanan yang tidak sehat di luar rumah misalnya seperti minuman manis, kembang gula, camilan berwarna, dan lain-lain. Usahakan untuk membiasakan si Kecil membawa bekal makanan atau camilan dari rumah sehingga mereka tidak jajan sembarangan. 

Cobalah Memberi Contoh dengan Dongeng

Memberi contoh merupakan hal paling tepat untuk membiasakan si Kecil makan makanan bergizi dan bernutrisi. Cobalah memberi contoh dengan cara mendongengkan cerita mengenai berbagai manfaat mengkonsumsi buah, sayur, atau makanan sehat lain. Kebanyakan anak akan terinspirasi dengan cerita tersebut sehingga mau mengonsumsi makanan sehat.

Itulah tips memberikan makanan bernutrisi dan bergizi pada si Kecil agar mereka terbiasa makan makanan sehat. Jadilah contoh bagi si Kecil dengan selalu mengonsumsi makanan sehat setiap hari. Apabila si Kecil terbiasa melihat keluarganya mengonsumsi makanan sehat maka mereka akan terbiasa juga untuk melakukannya.

Apabila Anda adalah profesional di bidang kedokteran atau nutrisi, cobalah bergabung dengan platform terbaru yaitu Nutricia Professional. Melalui platform ini Anda bisa mendapatkan ilmu baru serta informasi mengenai bidang yang sedang ditekuni saat ini. Ada beberapa fitur menarik yang bisa Anda manfaatkan, salah satunya yaitu Web Seminar yang tentu saja dilakukan secara online. Selengkapnya mengenai Nutricia Professional bisa dilihat sendiri pada website resminya yaitu nutriciaprofessional.id. 

0 comments :

Post a Comment