Wednesday, October 7, 2020

Bayar bpjs kesehatan

BPJS Kesehatan adalah salah satu upaya pemerintah untuk menangani masalah kesehatan di tanah air. Maka dari itulah, bagi mereka yang mampu pemerintah mengajak masyarakat untuk bersama-sama bergotong royong mengatasi permasalahan kesehatan. Oleh karena itulah, jangan sampai Anda terlambat bayar BPJS Kesehatan. Lalu bagaimana tips agar Anda tidak lupa atau terlambat.

1. Catat Deadline Pembayaran

Yang pertama Anda harus lakukan adalah mencatat kapan deadline pembayaran BPJS Kesehatan yakni pada tanggal 10 setiap bulannya. Anda bisa mencatat pada kalender Anda baik itu di pengingat smartphone Anda atau kalender lainnya. Dengan cara ini dijamin Anda tidak akan lupa untuk bayar BPJS Kesehatan.

2. Masukkan Dalam Pengeluaran Bulanan

Tips lainnya, Anda juga bisa memasukkan tagihan BPJS Kesehatan ke dalam pengeluaran bulanan. Dengan demikian, Anda bahkan bisa bayar BPJS Kesehatan bahkan sebelum tanggal 10. Karena umumnya kita mendapatkan gaji atau pendapatan pada tanggal 1 ataupun tanggal 25 setiap bulannya. Untuk yang tanggal 25 untuk membayarkan bulan depannya.

Bayar bpjs kesehatan

3. Cari Sistem Pembayaran Yang Mudah

Agar Anda dapat bayar BPJS Kesehatan dimana saja dan kapan saja, daripada Anda harus membayar di kantor BPJS, Anda bisa memilih sistem pembayaran yang mudah dan juga simpel. Salah satunya yang direkomendasikan adalah dengan memanfaatkan layanan yang diberikan oleh Bank Sinarmas baik melalui ATM, Internet Banking / SimobiPlus.

a. Untuk pembayaran melalui ATM Bank Sinarmas, berikut caranya:

Langkah pertama, kunjungi ATM Bank Sinarmas terdekat. Masukkan ATM Anda hingga masuk ke dalam menu. Selanjutnya, akses menu "Pembayaran/Pembelian" kategori "Layanan Umum". Setelah itu, masukkan pembayaran dengan format berikut:

Masukkan jumlah bulan yang akan dibayar + 88888 + 11 Digit Terakhir Nomor Kepesertaan BPJS Kesehatan"

Contoh : Pembayaran 1 bulan : 01+88888+02043569203 = 018888802678392098 atau 

: Pembayaran 2 bulan : 02+88888+02043569203 = 018888802678392098

b. Pembayaran melalui internet banking / SimobiPlus

Bank Sinarmas memiliki aplikasi layanan internet banking andalannya yakni SimobiPlus. Aplikasi ini selain mudah untuk digunakan dan juga dapat digunakan untuk transaksi lain selain transaksi pembayaran BPJS. Namun kali ini kita akan mencoba melakukan pembayaran BPJS Kesehatan melalui aplikasi SimobiPlus.

Sama halnya ketika Anda masuk ke menu layanan ATM, setelah masuk ke menu utama aplikasi SimobiPlus, pilih menu Layanan Umum atau Pembayaran / Pembelian. Setelah itu masukkan data berikut:

Pertama-tama masukkan IDPEL : 88888 + 11 Digit Terakhir Nomor Kepesertaan BPJS Kesehatan

Kemudian, masukkan jumlah bulan yang akan dibayarkan

Selesaikan transaksi

Tunggu hingga muncul notifikasi bahwa transaksi telah selesai

c. Melalui Teller di Bank Sinarmas

Untuk cara terakhir ini direkomendasikan apabila terjadi gangguan pada layanan internet Anda atau lokasi Bank Sinarmas lebih dekat daripada kantor BPJS Kesehatan. Anda bisa membayarkan langsung tagihan BPJS Kesehatan melalui teller Bank Sinarmas. Caranya sendiri cukup mudah, Kunjungi Bank Sinarmas terdekat, temui Teller dan sampaikan maksud Anda.

Nantinya Teller akan menanyakan nomor pelanggan BPJS Kesehatan yang hendak dibayarkan dan berapa bulan yang hendak dibayarkan. Selanjutnya Anda akan diberikan tagihan pembayaran. Bayar tagihan tersebut dan simpan tanda terima pembayaran BPJS Kesehatan Anda. Selesai.

Sebagai tips tambahan, setelah Anda melakukan pembayaran tagihan BPJS Kesehatan, cek statusnya di aplikasi BPJS. Apabila Anda membayarnya telat waktu, maka tidak akan terjadi masalah. Namun apabila Anda membayarnya terlambat akan ada penundaan untuk layanan dari BPJS Kesehatan hingga dilunasi.

Untuk pembayaran tagihan BPJS Kesehatan melalui Bank Sinarmas sendiri hanya dibebankan biaya Rp. 2.500 saja, namun hal ini tidak akan menjadi masalah untuk kemudahan yang diberikan. Semoga artikel ini bermanfaat.

0 comments :

Post a Comment