Monday, September 2, 2019

pinjaman jaminan sertifikat
Pinjaman jaminan sertifikat memang sering menjadi solusi saat sangat membutuhkan dana segar untuk keperluan penting. Terlebih lagi, bila telah mengupayakan ke sana kemari tidak membuahkan hasil, sedangkan kebutuhan kadang tak bisa menunggu. Idealnya, bila gaji bulanan tidak mencukupi, harus ada sumber penghasilan lain yang siap menopang, misalnya bisnis. Sayangnya, tidak semua orang mau berkecimpung di dunia bisnis sehingga mencari pinjaman dengan jaminan sertifikat.

Tidak dapat dipungkiri, pinjaman sertifikat rumah adalah jalan cepat terbaik ketika terdesak keadaan. Anda dituntut harus segera menyiapkan dana untuk kebutuhan penting dan mendesak, tetapi tidak ada satu pun yang membantu. Dalam keadaan seperti ini pinjaman jaminan sertifikat rumah tentu sangat membantu.

Menjaminkan sertifikat, terutama sertifikat rumah, harus ekstra hati-hati agar tidak menjadi masalah di kemudian hari. Apa saja hal-hal yang harus diwaspadai sebelum menjadikan sertifikat sebagai jaminan pinjaman?
pinjaman jaminan sertifikat
1. Pilih Lembaga Pemberi Pinjaman yang Terpercaya

Akhir-akhir ini marak terdengar kasus-kasus penipuan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab yang menjanjikan sejumlah pinjaman dengan jaminan sertifikat. Hal ini tentu memunculkan kekhawatiran. Sebaiknya cari tahu dulu lembaga keuangan mana yang baik sebelum memutuskan meminjam.

2. Pinjam Sesuai Kebutuhan

Pastikan kondisi keuangan sehat sebelum mengajukan pinjaman. Namun, jangan tergiur dengan penawaran pemberi pinjaman bila memberi lebih dari yang Anda minta. Hal ini karena makin besar pinjaman tentu makin besar angsuran. Anda harus memperhatikan kesesuaian antara pemasukan dan pengeluaran. Jangan sampai besar pasak daripada tiang.

3. Punya Komitmen Membayar

Anda harus memastikan di awal tentang kesanggupan mengangsur. Biasanya, ada risiko yang akan didapatkan berupa sanksi atau denda, juga bunga, bila terlambat melakukan pembayaran. Bahkan, sertifikat yang dibuat jaminan terancam hilang bila tidak rutin melakukan pembayaran. 

Sebaiknya, sebelum memutuskan melakukan pinjaman, Anda terlebih dahulu merancang dari mana sumber dana untuk melakukan pembayaran. Hal ini tentu dapat menghindarkan dari kemacetan pembayaran angsuran.

Demikianlah tiga hal yang harus diwaspadai sebelum mendapatkan pinjaman jaminan sertifikat. Semoga bermanfaat.

0 comments :

Post a Comment