Wednesday, November 8, 2017

Penulisan Planning untuk Usaha

Salah satu hal yang dilakukan yang harus diperhatikan untuk Anda yang ingin memulai usaha yaitu menulis planning untuk usaha dengan baik. Dimana planning ini ibarat peta yang akan mempermudah dan menunjukkan Anda untuk menemukan tujuan bisnis yang sebenarnya. Dalam menulis rencana bisnis ini meliputi beberapa hal, dimana pada bagian awalnya terdiri dari ringkasan eksekutif dan latar belakang.

Setelah bagian awal tersebut telah selesai, maka haruslah dilanjutkan dengan bagian selanjutnya yaitu analisa pemasaran. Bagian ini juga tak kalah penting dengan kedua komponen diatas. Pada bagian ini, Anda dituntut untuk menjelaskan secara detail tentang siapakah yang akan menjadi konsumen barang atau jasa yang akan Anda tawarkan.

Pada bagian analisa pemasaran ini, Anda akan menjelaskan tentang produk atau jasa yang Anda tawarkan, kemasannya, serta harga yang Anda tawarkan. Selanjutnya adalah tahap promosi penjualan, dimana Anda harus menuliskan tentang strategi promosi, slogan, serta dana yang digunakan untuk promosi. Jelaskan juga secara detail tentang media mana yang akan digunakan untuk promosi, apakah itu media televisi, radio, internet, koran, atau majalah.

Komponen dalam penulisan planning untuk usaha selanjutnya adalah analisa produk. Dimana pada bagian ini terdapat pejelasan secara detail tentang produk yang ditawarkan. Anda dapat menjelaskannya satu persatu secara rinci , sebab analisa ini mengharuskan Anda untuk menjelaskan secara detail tentang pembuatan, dan lainnya.

Kemudian ada juga analisis manajemen, dimana pada bagian ini Anda dituntut untuk menjabarkan tentang struktur manajemen dari bisnis Anda. Penjabaran tersebut mulai dari struktur organisasi dan juga detait dari manajemennya. Adapun detail manajemen tersebut meliputi jumlah karyawan yang dibutuhkan, sistem penggajian, kekuatan dan kelemahan dari manajemen yang dimiliki, dan lainnya.

Selanjutnya adalah analisis keuangan, dimana bagian ini merupakan bab terakhir dari penulisan planning untuk bisnis. Dalam bagian ini Anda harus menuliskan tentang kondisi keuangan perusahaan saat ini atau proyeksi keuangan dimasa depan. Pada bagian ini bisa dijelaskan secara rinci dari perkiraan pendapatan, modal yang dimiliki, besar anggaran dana, dan biaya operasional untuk kebutuhan sehari-hari.

0 comments :

Post a Comment