Thursday, November 23, 2017

Dalam kehidupannya, manusia selalu membutuhkan sesamanya. Begitu pula jika seseorang memutuskan untuk menjadikan bisnis sebagai mata pencahariaannya, maka ia perlu pebisnis lain untuk melanggengkan bisnisnya. 

Sudah tentu etika terhadap sesama pelaku bisnis dapat menjadi buruk dikarenakan persaingan yang tidak sehat. Bisnis dengan integritas menjadi sebuah keharusan yang tidak dapat ditawar demi menciptakan iklim ekonomi yang baik. Perlu strategi khusus agar bisnis dapat bertahan dalam persaingan yang kompetitif.
  • Pertama, pilihlah produk yang berkualitas dan memiliki nilai jual yang stabil. Produk tersebut bukan barang langka, yang menyebabkan kesulitan untuk mendapatkannya. Pilihlah produk yang dapat di daur ulang, sehingga membantu menjaga bumi.
  • Kedua, berani memgambilresiko. Namun, bukan asal-asalan melainkan penuh dengan pertimbangan yang bijak agar tak menyesal di belakang. Belajar berpikir terbuka, agar tercipta banyak peluang nantinya. Jauhkan diri dari mitos-mitos yang mengganggu jalannya usaha anda.
  • Ketiga, berusaha selalu kreatif. Dalam dunia usaha menjadi kreatif seperti menyiapkan lubang emas yang tak berhenti berproduksi. Perbanyaklah mencari referensi. Inovasi tidak selalu baru, namun dapat menambah nilai dari kemanfaatannya.
  • Keempat, promosi. Iklan yang baik, promosi yang tepat guna sangat bermanfaat untuk menaikkan laba dalam sebuah usaha. Ada banyak jenis iklan, pilih yang sesuai dengan budget. Selama yang disampaikan dalam iklan dapat menggugah, hanya tinggal menunggu waktu produk anda akan laris di pasaran.
  • Kelima, lokasi. Pemilihan lokasi untuk mendirikan tempat usaha dapat mendongkrak laba penjualan. Kemudahan diakses oleh alat transportasi juga menjadi salah satu alasan pembeli selain kenyamanan tempat.
  • Keenam, jujur. Selalu jujur dalam menyampaikan kondisi produk yang dijual akan meningkatkan kepercayaan pembeli. Sekali kepercayaan hilang maka akan susah untuk meperbaikinya. Maka berbisnislah dengan cara yang baik dan benar, bukan hanya sekedar semata-mata menambah pundi-pundi rupiah.
  • Keetujuh, mulailah mewujudkan bisnis anda. Setinggi apapun mimpi jika tidak diraih hanya menjadi mimpi tanpa arti. Tetap fokus terhadap tujuan, dan jadikan diri anda bermanfaat.

Selamat mencoba.

0 comments :

Post a Comment