Tuesday, September 5, 2023



Olah raga bagi Ibu hamil tentunya sangat penting, ada beberapa manfaat yang didapatkan ketika Ibu hamil melakukan senam dengan rutin. Salah satu jenisnya yaitu senam kegel, Ini merupakan Latihan untuk mengencangkan serta memperkuat otot dasar panggul atau otot bagian panggul bawah.

Senam  bagi Ibu hamil bisa melatih otot dasar panggul untuk berkontraksi serta mengendurkan berganti-ganti dengan waktu yang singkat. Nah selain itu tentunya juga sangat banyak sekali manfaat dari senam kegel yang lainnya.

Berikut Manfaat Senam Kegel

Bisa Memperkuat Otot Panggul

Senam ini bisa membantu Ibu untuk memperkuat otot panggul yang manfaatnya mendukung kinerja dari Rahim, kandung kemih serta usus. Dengan Ibu memperkuat otot panggul selama dalam masa kehamilan bisa mendukung kemampuan ibu hamil untuk bisa mengendalikan otot untuk persiapan dalam melahirkan. 

Untuk Mempermudah proses persalinan

Kalau otot perut yang dimiliki oleh Ibu hamil tersebut lemah, bisa memiliki dampak untuk proses melahirkan. Ibu hamil dalam hal ini tentunya akan kesulitan mendorong bayi supaya keluar dengan efektif. 

Sehingga senam pada Ibu hamil bisa memperkuat otot dasar panggul, sehingga bisa membantu mempermudah proses dalam persalinan serta bisa mengurangi resiko robekan pada jaringan panggul disaat ibu melahirkan. 

Berguna Untuk Membantu Mengontrol Kandung Kemih

Otot dasar panggul yang kuat tentunya bisa membantu dalam mengontrol kandung kemih. Dengan Ibu melakukan senam untuk ibu hamil tentunya bisa mencegah inkontinensia urin dan kesulitan dalam menahan buang air kecil pada saat masa kehamilan terutama pada saat menjelang persalinan atau bahkan sesudah melahirkan.

Untuk Mencegah terjadinya komplikasi

Banyak dari kaum Wanita mengalami robek vagina pada saat sedang melahirkan. Senam kegel ini tentunya bisa mengurangi resiko ibu yang melahirkan mengalami robek vagina. Gerakan senam  tersebut tentunya bisa melatih otot panggul, sehingga proses untuk persalinan tidak berlangsung lama.

Pemulihan Pasca Melahirkan yang Lebih Cepat

Ibu yang telah melakukan senam Kegel secara teratur selama kehamilan cenderung memiliki pemulihan pasca melahirkan yang lebih cepat. Otot-otot panggul yang kuat dapat membantu mengurangi ketidaknyamanan dan mempercepat proses penyembuhan setelah melahirkan.

Nah itulah manfaat senam kegel yang tentunya sangat berguna untuk para Ibu-ibu saat ini yang sedang hamil, untuk newborn jangan lupa ya Bunda gunakan popok MAKUKU biar anak nyaman.

0 comments :

Post a Comment