Thursday, January 26, 2023



Perjalanan untuk sampai ke tahap pernikahan memang cukup panjang. Mulai dari pendekatan, lamaran, pertunangan, dan terakhir pernikahan. Saat akan melamar atau bertunangan, Anda harus menyiapkan cincin tunangan. Begitu pula saat akan menikah, Anda juga harus menyiapkan cincin nikah yang berbeda dengan cincin pertunangan. Hal tersebut sudah menjadi tradisi yang diikuti oleh banyak pasangan di dunia. 

Meskipun sama-sama menjadi simbol cinta, akan tetapi cincin pertunangan dan pernikahan memiliki perbedaan. Sebelum membeli cincin, sebaiknya ketahui perbedaannya berikut ini:

Waktu Pemberian

Perbedaan pertama tentu saja ada pada waktu pemberian cincin. Cincin pertunangan biasanya diberikan oleh pria pada wanita yang dilamarnya. Jadi waktu memberikan cincin sesuai dengan waktu melamar. Sedangkan cincin nikah diberikan pada saat pasangan mengucap janji suci di pernikahan. Jadi Anda harus membeli cincin pertunangan terlebih dahulu sebelum cincin nikah.

Siapa yang Memakai

Perbedaan cincin tunangan dan cincin nikah selanjutnya adalah siapa yang memakai. Hal ini seringkali menimbulkan pertanyaan. Perlu Anda ketahui bahwa cincin pertunangan biasanya hanya terdiri dari satu cincin saja. Cincin tersebut diberikan pria kepada wanita sebagai tanda komitmen untuk terus bersama.

Berbeda dengan cincin pertunangan yang hanya satu buah saja, cincin pernikahan terdiri dari dua buah. Biasanya pasangan yang akan menikah memilih cincin couple agar terlihat serasi. Baik pengantin wanita maupun pengantin pria sama-sama menggunakan cincin sebagai pengikat janji sehidup semati.

Posisi Cincin

Anda bisa mengetahui seseorang menggunakan cincin pertunangan atau pernikahan melalui posisi cincin di jari tangan. Cincin pertunangan dipakai wanita di jari manis tangan kiri. Hal tersebut lantaran di masa Romawi Kuno banyak yang percaya bahwa jari manis tangan kiri memiliki pembuluh darah yang langsung ke jantung. 

Sedangkan cincin pernikahan biasanya dikenakan di jari manis tangan kanan. Meskipun begitu, ada juga yang memakai cincin pernikahan di atas cincin pertunangan. Jadi sama-sama berada di jari manis tangan kiri. Sebenarnya tidak ada patokan untuk posisi cincin, akan tetapi banyak orang yang tetap mengikutinya.

Tradisi Baru

Meskipun mengikuti tradisi di masa lalu, namun penggunaan cincin pertunangan tetap mengikuti trend fashion. Sekarang sedang trend yang namanya cincin bertumpuk atau stacking ring. Agar lebih kekinian, banyak juga wanita yang memakai cincin pertunangan di jari tengah, sedangkan cincin pernikahan di jari manis tangan yang sama. Bahkan ada tradisi dengan menyatukan dua cincin menggunakan patri. Semuanya tergantung preferensi pasangan yang akan memakai cincin. 

Desain

Perbedaan kedua cincin ini yang terakhir ada pada desainnya. Cincin pertunangan biasanya lebih mewah dan eksklusif dibandingkan cincin pernikahan. Hal tersebut lantaran cincin pertunangan hanya dipakai oleh wanita. Namun bentuk lingkarannya lebih tipis, sedangkan cincin pernikahan lebih tebal.

Cincin Set dari The Palace untuk Hemat Budget

Dari penjelasan diatas didapatkan jika cincin tunangan maupun cincin nikah sama-sama penting. Setiap cincin memiliki makna dan filosofi tersendiri bagi pasangan yang akan menikah. Jika ingin menggunakan keduanya, Anda bisa memilih cincin kawin dan tunangan set yang ditawarkan oleh The Palace.

Dengan slogan 3T (Therlengkap, Therjamin, dan Therjangkau) Anda pasti mendapatkan perhiasan terbaik. Set cincin tersebut terdiri dari cincin pertunangan wanita, cincin pernikahan wanita, dan cincin pernikahan pria.

Cincin pertunangan menggunakan desain eternity dengan hiasan berlian di sepanjang band atau rangka. Sedangkan cincin pernikahannya menggunakan satu butir berlian di masing-masing cincin. Warna white gold membuat cincin terlihat sangat elegan.

Bukan hanya koleksi set tersebut, The Palace masih memiliki banyak koleksi lainnya. Anda bisa melihat koleksi dan memilih yang terbaik jika datang ke gerainya langsung. Informasi lain juga bisa dilihat di website

0 comments :

Post a Comment