Sunday, September 27, 2020


Melanjutkan jenjang pendidikan terkadang menjadi salah satu pilihan bagi sebagian orang. Bahkan, sebagian orang rela kerja sambil kuliah agar tetap bisa meraih impiannya di bidang akademis. Namun sayangnya, tidak semua orang bisa menjalankan pekerjaan dan kuliah secara bersamaan.

Nah, jika Anda merasa kesulitan untuk menjalankan kedua aktivitas tersebut, berikut akan kami jelaskan tipsnya.


1.  Memilih Tempat Kos atau Kampus dengan Lokasi Ideal

Jika Anda saat ini tinggal di tempat kos, pastikan lokasinya cocok. Arti cocok di sini yaitu, dekat dengan kampus dan juga tempat kerja. Kenapa demikian? Tujuannya agar Anda tidak merasa lelah ketika harus menjalankan kedua kegiatan ini secara bersamaan.

Atau bisa juga sebaliknya. Jika Anda malas untuk mencari lagi tempat kosan, sebaiknya pilihlah kampus yang dekat dengan tempat tinggal Anda. Dengan begitu, Anda tidak akan kesulitan dalam membagi waktu karena jaraknya yang dekat.

2.  Pastikan Tempat Kerja Mendukung

Sebelum memutuskan untuk kuliah, alangkah baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu apakah tempat di mana Anda kerja mengizinkannya atau tidak. Pastikan perusahaan mendukung aktivitas Anda. Pasalnya, kegiatan kuliah Anda, nantinya akan mengganggu pekerjaan di tempat kerja.

Umumnya, aktivitas kuliah sambil kerja ini dilakukan di hari Sabtu dan Minggu. Atau hari Sabtu saja. Pastikan tempat kerja Anda membolehkan karyawannya tetap melanjutkan pendidikannya.

3.  Pilih Fakultas Sesuai Bidang di Tempat Kerja

Alangkah baiknya Anda memilih jurusan yang satu jalur atau satu bidang dengan job desk di tempat Anda bekerja. Hal ini akan memberi Anda sejumlah keuntungan. Salah satunya tentu saja prospektif kerja di masa depan yang semakin lebih baik dan cerah.

Setelah lulus nanti, tidak menutup kemungkinan Anda akan mendapatkan promosi kenaikan jabatan dari perusahaan terkait. Hal ini tentu sangat bagus untuk jenjang karier Anda di masa yang akan datang.

4.  Pintar Membagi Waktu

Melanjutkan kuliah sambil kerja akan memakan waktu Anda. Tugas kuliah yang menumpuk, akan ditambah dengan tugas kantor yang juga tak kalah banyak. Hal ini akan membuat Anda kesulitan dalam membagi waktu.

Mulai dari sekarang, cobalah untuk menyusun waktu Anda sebaik mungkin. Anda harus bisa membagi waktu antara tanggungan dari perusahaan dan dari kampus.

5.  Perhatikan Kesehatan

Kesehatan adalah hal yang tak kalah penting untuk Anda perhatikan. Tingkat stres Anda mungkin akan meningkat jika menjalankan kedua aktivitas ini secara bersamaan. Maka dari itu, tetap perhatikan kesehatan dalam menjalaninya.

Kesehatan juga merupakan salah satu kunci sukses Anda agar bisa menyelesaikan kuliah hingga akhir nanti.

Ingin Kuliah Sambil Kerja? Di IDS Digital Collage

IDS Digital Collage adalah satu solusi terbaik untuk Anda yang berencana melanjutkan pendidikan sambil bekerja. Ada banyak program yang bisa Anda pilih di sini. Beberapa programnya di antaranya seperti software engineering, cyber security, mobile apps & games development, dan lainnya.

IDS adalah tempat yang cocok karena memiliki dukungan tenaga pengajar yang berpengalaman dan ahli di bidangnya. Selain itu, tempatnya kondusif dengan fasilitas yang sangat lengkap sekali.

IDS Digital Collage menawarkan program pendidikan kuliah bagi Anda yang sedang bekerja. Selain itu, fakultas yang dimilikinya pun tergolong sangat dibutuhkan, terutama di era digital yang semakin tumbuh dan berkembang saat ini.

Demikian informasi seputar tips kerja sambil kuliah. Informasi di atas, sedikit banyaknya akan menambah wawasan Anda agar bisa memanajemen waktu secara optimal. Kami juga merekomendasikan IDS sebagai salah satu tempat terbaik untuk melanjutkan kuliah.

0 comments :

Post a Comment