Friday, June 28, 2019


Kemampuan belajar anak merupakan kapasitas anak untuk melakukan kegiatan belajar. Kapasitas ini terkait dengan kesanggupan atau keahlian dalam menguasai sesuatu. Kapasitas ini juga bisa ditingkatkan sehingga penguasaan terhadap sesuatu menjadi lebih cepat dan mudah. Umumnya, kemampuan belajar dapat meningkat dengan tips berikut ini.

1. Membuat tubuh dalam kondisi rileks

Otak makhluk hidup mampu bekerja lebih baik dalam kondisi tubuh rileks. Pada kondisi rileks, tubuh tidak menerima tekanan atau beban apa pun. Sehingga otak bisa bekerja secara maksimal. Kondisi rileks mampu diciptakan dengan membuat tempat belajar yang tenang dan rapi. Ditambah lagi dengan pencahayaan dan dekorasi yang tepat dan nyaman. Sebaiknya, siapkan juga peralatan yang dibutuhkan selama belajar agar tidak ada gangguan di tengah proses belajar.

2. Menghadirkan motivasi belajar yang tinggi

Kemampuan belajar anak biasanya ditingkatkan dengan menghadirkan motivasi belajar yang tinggi. Motivasi belajar tinggi mampu memberi dorongan yang kuat sehingga anak memiliki keyakinan bahwa dirinya bisa menguasai sesuatu. Bahkan sanggup melampaui target awal pelajaran yang perlu dikuasai. Motivasi ini memanggil alam bawah sadar anak. Alhasil, memori jangka panjang akan terbuka dan menyimpan banyak pelajaran.

Untuk menghadirkan motivasi belajar tinggi bisa dilakukan dengan adanya hadiah atau reward setelah belajar. Hadiah yang digunakan bisa berupa uang saku, liburan atau benda yang diinginkan anak.

3. Melakukan evaluasi secara berkala

Meningkatkan kemampuan belajar sangat mudah dilakukan jika memahami apa yang dipelajari. Cara memahami pelajaran tersebut bisa dengan mengajukan pertanyaan seperti melakukan evaluasi. Beberapa pertanyaan untuk menguji pemahaman, yaitu apa, mengapa, kapan, siapa dan di mana. Umumnya, sesuatu yang dipahami akan lebih mudah diingat oleh otak. Sebaiknya, melakukan evaluasi tersebut secara berkala agar konsistensi dalam kemampuan belajar.

Itulah ulasan terkait tips meningkatkan kemampuan belajar anak. Masih ada tips lain yang dapat digunakan. Salah satunya dengan pemberian nutrisi secara lengkap. Asupan nutrisi yang baik dapat membuat pertumbuhan dan perkembangan anak menjadi optimal. Bahkan kemampuannya dalam belajar jadi meningkat karena otak yang bekerja membutuhkan asupan nutrisi. Apalagi jika harus belajar dengan konsentrasi penuh.

0 comments :

Post a Comment