Sunday, February 11, 2018

Keuntungan Menggunakan Asuransi Syariah
Asuransi syariah
Saat ini telah banyak perusahaan yang membuka peluang sekaligus menawarkan jaminan berbagai kondisi buruk yang dialaminya. Perusahaan asuransi adalah salah satu yang bisa anda gunakan untuk mendapatkan jaminan dari sesuatu hal buruk yang mungkin saja Anda alami, seperti halnya kehilangan, kecelakaan ataupun kerusakan. Asuransi lebih dikenal sebagai salah satu jaminan yang memberikan keuntungan finansial kepada siapa saja yang menggunakannya terlebih lagi untuk menjamin barang atau benda bahkan perlindungan diri sekalipun. 

Asuransi yang telah beredar luas di kalangan masyarakat adalah asuransi konvensional saja, padahal sekarang sudah ada asuransi syariah yang memberikan perlindungan kepada siapa saja yang menggunakannya dengan pola dan sistem syariah yang diterapkannya. Bagi setiap muslim sangat memberikan solusi untuk menjaga dan memberikan berbagai perlindungan terhadap sesuatu hal yang dimilikinya, apalagi dengan adanya sistem syariah pada asuransi sangatlah memberikan keyakinan akan kehalalan dalam sistem yang diterapkannya. 

Asuransi syariah ternyata memiliki keuntungan tersendiri yang dapat menjadi keunggulan yang patut menjadi pilihan Anda dibandingkan dengan asuransi konvensional. Kami akan coba paparkan sekurang – kurangnya ada 3 keuntungan tersebut.

Pengelolaan resiko
Pengelolaan resiko yang diterapkan dalam asuransi syariah yaitu menggunakan prinsip sharing of risk, dimana resiko tertanggung kepada pihak perusahaan dan peserta asuransi itu sendiri. Dimana penerapan prinsip ini sangat erat kaitannya dengan tolong menolong dan juga saling membantu serta saling memberikan jaminan dengan cara mengumpulkan dana hibah ( tabarru ).

Pengelolaan dana
Pengelolaan dana pada asuransi ini sangatlah bersifat transparan dan juga dipergunaan sepenuhnya oleh para pemegang polis dalam merasakan keuntungannya.

Sistem perjanjian
Dalam sistem perjanjian awal pada penerapan syariah dalam asuransi yaitu dengan menggunakan akad hibah ( tabarru ) yang mendasar pada ketentuan syariah dan memastikan untuk terjaga pada alur yang halal.

Masih banyak keuntungan lain dari asuransi syariah yang sangat menguntungan bagi Anda para penggunanya. Mungkin sangatlah dianjurkan bagi setiap muslim dalam memberikan perlindungan untuk barang atau apapun itu dengan menggunakan perlindungan asuransi syariah saja demi menjaga status hukum dalam syariah.

0 comments :

Post a Comment