Tuesday, January 9, 2018

Sebagai manusia kita diciptakan dengan sesempurna dan sebaik baik rupa. Dalan hal ini kksempurnaan yang kita miliki dibandingkan dwngan makhluk lainnya terletak pada akan dan hati. Maka dari itu manusia haruslah memiliki etika yang baik. 

Etika ini bisa menjadi pengendali hidup bagi seorang manusia. Etika juga harus diterapkan dalam berbagai aspek kehidupan. Tidak terkecuali dalam berbisnis juga a da harus menerapkan etika. Maka dari itu berikut ini ada beberapa tips berbisnis yang beretika. Di antaranya adalah :
  • Jujur

Etika yang harus dan wajib pertama kali terapkan dan tu jukkan dalam bisnis anda adalah sikap anda yang jujur. Jangan sampai anda kehilangan kepercayaan dari para pelanggan anda. Sikap jujur ini digunakan dalam beberapa aspek, baik itu dalam menimbang takaran atau bahkan dalam penjelasan barang yang kita jual itu harus benar benar jujur dan transpara.
  • Bertanggung jawab

Menjadi pebisnis yang sukses harus diawali dengan sikap tanggung jawab dan berani menyelesaikan masalah dengan tuntas serta berani menyelesaikan apa yang sudah diperbuat. Intinya menjadi pebisnis itu tidak boleh lari dari masalah.
  • Menepati janji

Dan yang paling penting adalah tidak boleh ingkar janji. Menjadi pebisnis tentunya akan ada banyak kontrak bisnis dengan pihak lain, maka audah sepatutnya memiliki sifat menepati janji.
  • Adil

Adil dalam hal ini adalah adil dalam menetapkan harga. Ataupun adil kepada karyawan dan rekan bisnis lainnya.
  • Taat peraturan

Negara indonesia adalah negara yang sarat akan hukum. Maka untuk menjadi pebisnis yang baik harus taat pada peraturan pemerintah, selain untuk memperlancar bisnis juga sebagai bentuk tanggung jawab kepada pemerintah.
  • Tidak curang

Tentunya untuk mendapatkan kepercayaan pelanggan salah aatu caranha adalah dengan tidak melakukan kecurangan dalam berbisnis. Dan juga jangan merugikan pihak lain.

Itulah beberapa tips berbisnis untuk menjadi pebisnis yang beretika. Jika kita menjadi pebisnis yang beretika maka bisnis akan menjadi lancar dan juga jauh dari masalah serta akan damai dan tentram beroperasional dimana pu.

0 comments :

Post a Comment