Thursday, December 21, 2017

Tips Berbisnis Bagi Pemula

Di zaman yang semakin pesat ini, untuk memperoleh penghidupan yang layak, sebaiknya anda jangan mencari pekerjaan, namun sebaiknya anda justru harus menciptakan pekerjaan untuk orang lain. Artinya dalam hal ini anda harus membuka peluang bekerja kepada orang lain, atau setidaknya anda tidak bekerja kepada orang lain. 

Sebaiknya anda menjalankan bisnis. Sebab indonesia sangat membutuhkan pembisnis yang handal di negara ini untuk semakin memajukan negara indonesia. Berbisnis memang tidak mudah untuk dilakukan namun anda bisa melakukannya dengan dimulai dari hal hal yang kecil. Berikut ini beberapa tips berbisnis bagi pemula. Di antaranya adalah :

Jangan gengsi
Yang pertama kali dijadikan alasan enggan berbisnis adalah gengsi. Memang sebagian orang merasa malu ketika harus melakukan jual beli. Namun hal ini hanya akan menghambat pertumbuhan ekonomi anda. Sebaiknya anda hilangkan rasa malu dan gengsi dan mulailah berjualan hal hal kecil hingga nantinya mwmiliki pelanggan dan segmen pasar tersendiri. Jangan pernah gengsi untuk memulai bisnis. Karena meski malu pada awalnya nanti lama kelamaan akan merasakan nikmatnya berbisnis.

Jangan takut dengan modal
Kemudian kendala selanjutnya bagi yang ingin berbisnis adalah masalah modal, banyak yang karena tidak punya modal jadi urung untuk melakukan bisnis. Padahal modal bisa dilakukan dengan berbagai cara, bisa dengan meminjam uang atau bisa juga bekerja sama dengan pemilik modal.

Jangan takut rugi
Ada pepatah proses tak akan menghianati hasil. Maka berusahalah terlebih dahulu jangan sampai lebih dulu memikirkan penghadilan sedang proses belum dilaksanakan. Sebaiknya jangan takut rugi, sebab dalam bisnis memang untung rugi itu sudah menjadi hal yang lumrah. Hanya saja kita harus terus bangkit setiap kali mengalami kerugian atau kegagalam dalam berbisnis. Jangan sampai terus terusan meratapi kegagalan. Dalam bisnis jija sekali gagal maka akan tercipta peluang lain untuk memajukan usaha.

Itulah beberapa tips berbisnis bagi pemula . Dan tentunya tips ini sangat berguna bagi anda yang hendak memulai bisnis.

0 comments :

Post a Comment