Wednesday, December 14, 2016


Memilih jenis bisnis yang cocok dengan kemampuan kita memang tidak mudah, oleh karena itu sebaiknya pikirkan dulu baik-baik tentang jenis usaha yang akan kita pilih. Sebenarnya banyak sekali peluang yang bisa kita pilih untuk dijadikan bisnis baik itu sebagai sampingan atau dijadikan pendapatan tetap. Perlu kita ketahui bahwa jenis bisnis tersebut bisa berawal dari hobi, jika terus ditekuni dengan rajin maka akan menghasilkan pundi-pundi rupiah yang lumayan besar.

Salah satu jenis hobi yang bisa menghasilkan uang yaitu membuat kerajinan tangan. Beberapa contoh jenis kerajinan tangan tersebut diantaranya kerajinan gerabah, kerajinan daur ulang sampah plastik, daur ulang limbah kaca, kerajinan kain perca, kerajinan rajut dan masih banyak lagi. Usaha di bidang kerajinan tangan tersebut merupakan peluang bisnis yang sangat menjanjikan.

Peluang bisnis dengan memanfaatkan limbah tersebut jika ditekuni dengan serius ternyata bisa menghasilkan omset yang luar biasa, bahkan jika hasil kerajinan kita tersebut kualitasnya bagus dan unik siapa tahu bisa kita ekspor ke luar negeri sehingga hal tersebut bisa menghasilkan keuntungan yang berlipat. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat akan terjun ke bisnis kerajinan tersebut diantaranya :
  • Pilihlah bahan terbaik
Untuk memulai bisnis dari kerajinan tangan tersebut hal pertama yang harus kita tentukan adalah memilih jenis bahan atau limbah yang akan digunakan. Dalam memilih bahan limbah tersebut pastikan kita pilih bahan yang mudah didapat karena jika bahannya sulit didapat hal tersebut akan merepotkan kita disaat ada pesanan banyak. Oleh karena itu pilihlah bahan kerajinan tangan yang mudah didapat terlepas itu bahannya berjenis kain, kaca, logam, plastik dan sebagainya. Selain itu juga kita harus memperhatikan cara pembuatannya, pilihlah jenis kerajinan yang cara pembuatannya tidak terlalu rumit.
  • Menentukan cara pemasarannya
Menjual sebuah produk kerajinan tangan tidak semudah kita menjual makanan. Oleh karena itu yang harus kita perhatikan yaitu cara kita memasarkannya. Sebaiknya kita jual di pameran-pameran atau bisa juga menjualnya secara online di media sosial.
Sebuah hobi yang bisa menghasilkan uang tersebut merupakan peluang bisnis yang sangat menjanjikan.




0 comments :

Post a Comment